Simple Chocolate Cake/Kue Cokelat Sederhana

simple chocolate cake kue cokelat sederhana
maaf, nggak sempat foto pas kuenya baru jadi.

Menurutku, kue cokelat sederhana ini cocok sekali untuk jadi base-cake. Rasanya nggak terlalu manis, tapi teksturnya lembut dan lembab, terus tingginya juga pas, jadi nggak kayak gede banget kalau ditambahin macam-macam. Apalagi karena pakai minyak goreng, jadi pas disimpan dalam kulkas, nggak akan mengeras. Tinggal kasih tambahan hiasan sesuai selera, meski sebenarnya dimakan tanpa tambahan ganache udah enak sih. Cuma karena cokelat ganache-nya nggak ribet bikinnya, kusarankan bikin aja, soalnya bakal bikin rasa kuenya makin mantap.

Bahan Basah:

  • 2 butir telur utuh
  • 120 ml susu full cream
  • 120 ml kopi (untuk membuatnya, tambahkan 1 sendok teh kopi instant bubuk ke dalam air panas)
  • 60 ml minyak goreng/minyak sayur
  • 1 sendok teh vanilla

Bahan Kering:

  • 120 gram tepung terigu serbaguna/protein sedang
  • 200 gram gula pasir
  • 35 gram cokelat bubuk
  • 3/4 sendok teh baking soda
  • 3/4 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180oC.
  2. Siapkan cetakan/loyang (saya gunakan loyang diameter 20cm), olesi margarine dan lapisi kertas roti.
  3. Ayak tepung, cokelat bubuk, baking soda, dan baking powder.
  4. Campur rata seluruh bahan kering.
  5. Kocok ringan telur, lalu campur seluruh bahan basah.
  6. Campurkan bahan kering dan basah, aduk rata sampai benar-benar tercampur, pastikan tidak ada yang menggumpal.
  7. Campuran akhir akan encer, tidak apa-apa.
  8. Panggang dengan api atas bawah, suhu 180oC, selama sekitar 30-35 menit. Cek beberapa saat sebelumnya untuk memastikan kue matang sempurna (tes tusuk).
  9. Angkat kue, dinginkan sebelum dilepas dari cetakan.
  10. Untuk membuat ganache cokelat, masak susu full cream 200cc, sampai mulai mendidih, matikan api, lalu masukkan cokelat batangan (DCC) 150g. Aduk sampai cokelat meleleh dan tercampur rata. Ganache akan lebih kental saat dingin. Hias kue sesuai selera.
Simple Chocolate Cake/Kue Cokelat Sederhana 2
Menurutku, cocok sekali dengan segelas kopi. Manisnya segera ditolerir oleh pahit-asam kopi. 🙂