And the Oscar goes to…

Aku pernah baca tulisan tentang bagaimana mereka mengubah cara bilang ‘pemenangnya adalah bla bla bla’ di perhelatan Oscar yang awalnya ‘and the winner is…’ menjadi ‘and the Oscar goes to…’ (meski nggak sepersis itu ya kalimatnya) adalah karena ingin menghilangkan kesan ‘dipilih’ oleh board.

Padahal ya emang dipilih.

Tapi ya, supaya kesannya, somehow it is meant to be gitu. Hihihi. (kalau ini penafsiranku ya). Seakan-akan si piala yang semalaman udah muter-muter mikir ala Topi Seleksi dan secara ajaib nama si pemenang keluar dari Piala Api.

Halah, ini ngomong apa lagi.

Jadi, ada delapan belas naskah FF masuk via Instagram, WA, Twitter. Ditulisnya juga macem-macem, ada di blog, IG, medium, tumblr, facebook, twitter itu sendiri. Rame dah. Dan aku senang membacanya!

Awalnya sudah berniat akan milih dengan kriteria: siapa pun yang ceritanya masih keingat sampai keesokan harinya, itu yang menang; tapi nggak bisa gaes. Karena ternyata yang keingat lebih dari lima. Bhahahak. Ada rencana nambah pemenang tapi kayanya kita atur utk seru-seruan berikut aja ya. Biar sekalian aku juga berbagi apa yang menjadi kriteriaku saat memilih.

Bukaaan. Bukan sebagai juri yang menilai bagus buruk sih. Karena dari awal juga bilang utk lima orang beruntung. (berlepas tangan sejak dini, hiks). But yeah, kali ini, aku memilihnya berdasarkan sejauh mana aku menikmati ceritanya. Dan tentu saja, bukan berarti yang nggak terpilih, nggak bisa dinikmati ya.

Dan untuk itu pula, aku akan share link ke-18 cerita tersebut, supaya kalian bisa juga menemukan kisah yang kalian suka.

https://www.instagram.com/p/Cc2T_65BG4H/?utm_source=ig_web_copy_link
https://butir2hujan.wordpress.com/2022/04/29/flashfiction-salat-tarawih/
https://medium.com/@haditha/teman-baca-eb377b0c0517
https://messylochness.tumblr.com/post/682934643422609408/habis
https://www.instagram.com/p/Cc77Nh4vUBF/
https://fahmiafahmi.wordpress.com/2022/04/30/flash-fiction-malam-takbiran-dan-dean/
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1059065975024184&id=100027623733628
https://www.instagram.com/p/Cc7_y6bLnYo/
https://www.instagram.com/p/Cc5s2hdpsRZ/
https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=4993947127320892&id=100001169610980&scmts=scwspsdd
https://titahulfianicholil.blogspot.com/2022/04/setengah-sebelas-malam.html
https://www.instagram.com/p/Cc-OJ7XvFVX/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
https://twitter.com/chikopicinoo/status/1520348229698605056?s=21&t=lDSNkcjnfd38I04l5v3dFQ
https://twitter.com/kesenggolpelor/status/1520344015434285057?s=21&t=PwmQCqli1JYoQ_5w8-ducw
https://illianated.wordpress.com/2022/04/30/derita-kolektif/
https://www.instagram.com/p/Cc-QLTsvNyq/
https://www.instagram.com/p/Cc-HYggPsjG/
https://twitter.com/fjr23_/status/1520348213235961856?s=21&t=PwmQCqli1JYoQ_5w8-ducw

Dari lima yang kupilih ini: satu membuat mataku menyala karena kesegarannya, ada yang membuatku mengernyit karena konflik yang bisa diraba, satu lagi meramu teknik FF dengan twist yang rapi, satu lagi mengangkat isu lokal yang terasa dekat, dan ada juga yang membuatku tertegun karena puntiran yang menyentak.

Dan inilah, lima tulisan itu (urutan tiada makna apa-apa).

And the Oscar goes to... 1

Maafkan kalau ada salah-salah kata ya. Sekali lagi terima kasih untuk yang sudah ikutan nulis. Sampai ketemu di seru-seruan selanjutnya! Selamat lebaran!

Author: Harun Malaia

Tinggalkan Balasan